Debit Air di Barsel Normal, BPBD Tetap Waspada dan Siap Siaga

oleh -
oleh
Debit Air di Barsel Normal, BPBD Tetap Waspada dan Siap Siaga 1
Kepala BPBD Barsel Alip Suraya.

Buntok (Dayak News) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan (Barsel) menyampaikan bahwa debit air pada musim penghujan yang terjadi di kabupaten bertajuk ‘ Dahani Dahanai Tuntung Tulus’ masih normal dengan ketinggian air berkisar 12,50 cm.

Kepala BPBD Barsel Alip Suraya mengatakan, bahwa debit air masih normal, bahkan bisa dikatakan memasuki status berkah. “Berkah disini yaitu untuk para nelayan, karena tentu dengan intensitasi hujan beberapa minggu lalu. Ketinggian air tentu memasuki sungai sungai kecil maupun rawa rawa,”ungkapnya, Rabu (6/12/2023).

Oleh karena tingginya curah hujan dan meningginya debit air itu, potensi ikan tentu semakin meninggi dan memberikan berkah kepada para masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

“Intinya masih normal aja mas dengan ketinggian 12,50 cm, beda cerita kalau debit air naik sampai 12,80 cm tentu daerah hulu seperti Desa Tarusan dan lain lain akan mengalami banjir,”terangnya.

Namun, sesuai intruksi Pj Bupati pihaknya siap siaga menghadapi cuaca ekstrem dengan kewaspadaan tinggi. Maupun dari kesiapsiagaan semua personil, SDM, sarana prasarana juga monitoring pantauan puast dan data pusdatim yang pihaknya miliki.

“Kesiapan logistik, evakuasi juga kita sudah siap. Apalagi, kita tahun ini menerima bantuan speedboat dari pemda yang tentunya akan mempermudah kita melakukan percepatan evakuasi kepada masyarakat apabila terjadi bencana banjir,”jelasnya.

Untuk itu, Alip meminta kepada masyarakat agar terus memberikan informasi kepada pihaknya. Karena, ketepatan informasi masyarakat sangat di perlukan untuk mempercepat evakuasi dan melakukan penanganan jika terjadi bencana.

“Silakan hubungi kita, kami selalu siap siaga dalam keadaan apapun. Semuanya telah di persiapkan untuk segala kemungkinan bencana yang terjadi di daerah kita,”tutupnya.(Ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.