INTIP KEGIATAN MANASIK HAJI DI KATINGAN

oleh -
oleh
INTIP KEGIATAN MANASIK HAJI DI KATINGAN 1

Kasongan, 8/8/19 (Dayak News). Kegiatan manasik haji agenda rutin di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan digelar Agustus 2019 cukup meriah diikuti ribuan pelajar.

Dari lokasi kegiatan manasik hahi tanggal 8 Agustus 2019, terdengar syair, “Labaik Allahumma Labaik. Labaika La Sari Kalaka Labaik. Innal Hamda, Wanikmata, Laka Wal Mulk, Lasari Kala. Allahumma Sali Ala Muhammad,”.

Syair itu dilantunkan sahut-sahutan di halaman kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ Kabupaten Katingan Jalan Soekarno-Hatta Kasongan.

Suasana seperti di Tanah Suci Mekkah, sekitar seribuan pelajar mulai dari tingkat RA/TA, SD/MI, MTS/SMP, dan MA/SMA di Kecamatan Katingan Hilir antusias mengikuti manasik haji yang digagas pihak Kantor Kementerian Agama Katingan.

Para peserta haji yang sebagian besar usia SD dan SMP ini juga melaksanakan rukun haji. Di antaranya ihram, menjalankan niat ibadah haji karena Allah, wukuf atau berhenti di Arafah, kemudian tawaf atau mengelilingi Kabbah, hingga sai serta tahalul.

Manasik haji dibuka oleh Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama sekaligus melepas rombongan manasik menuju halaman kantor kemenag.

Ketua panitia manasik haji, Saptul Anwar mengatakan, jumlah peserta yang ikut berpartisipasi berjumlah sekitar 1000 anak dari Kasongan maupun Kereng Pangi.

Kelompok manasik akan dinilai oleh tim juri. Selain itu, peserta akan diberikan piagam penghargaan dan piala.

“Tujuan manasik haji bagi kalangan anak-anak sekolah ini mengenalkan sejak dini tatacara menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah itu,” kata Saptul Anwar.

Ahmad Rubama dalam kesempatan ini mengapresiasi penyelenggara dan panitia yang mengadakan lomba manasik haji. Apalagi, peserta usia dini sudah diajari pelaksanaan ibadah haji.

BACA JUGA :  BUPATI KATINGAN RENCANA GELAR OPEN HOUSE

Melalui manasik haji, diharapkan para pelajar akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji. Dia juga berharap peserta dapat mengikuti kegiatan hingga selesai, serta menyimak penyampaian materi dengan baik. (Dayak News/PR/Dan/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.