RESES, KOMISI II DPRD KATINGAN APRESIASI PROGRAM SIMURP

oleh -
oleh
RESES, KOMISI II DPRD KATINGAN APRESIASI PROGRAM SIMURP 1

Kasongan, (Dayak News) – Program berbasis di Daerah Irigasi dan Rawa atau lebih dikenal dengan sebutan SIMURP (Strategic Irigation Modernization Urgently Rehabilitation Project) mendapat dukungan penuh dari Komisi II DPRD Katingan, Yudea. Hal itu dikemukakannya usai mengadakan reses di Kecamatan Katingan Kuala, Senin (30/5/2022).

Dia meminta masyarakat memberi sokongan penuh, karena apa yang dikerjakan bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Hasil reses di Katingan Kuala, masih banyak masyarakat yang kurang paham tujuan dari SIMURP. Padahal inti kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat yang berdomisili di sana,” ungkapnya.

Dicontohkan, ada beberapa warga yang merasa keberatan karena lahan pertaniannya berkurang akibat pembangunan jaringan irigasi. Lalu oknum itu mencoba menutup jalur yang terkena miliknya jika perusahaan tak membayar ganti rugi. Tentu yang sangat dirugikan adalah masyarakat berprofesi sebagai petani.

Untuk itu, Diapun mengingatkan warga merelakan tanahnya jika terkena pelebaran. Sebab tujuannya adalah memperlancar jaringan irigasi yang berimbas pada peningkatan produksi pertanian.
“Kita patut bersyukur hanya dua Provinsi yang mendapatkan bantuan program pertanian rawa di seluruh Indonesia, salah satunya di Katingan I, Kabupaten Katingan,” ulasnya.

Yudea mengapresiasi kinerja Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Kalimantan II. Kehadiran proyek di daerah pertanian rawa sangat membantu Pemerintah Kabupaten Katingan terkait APBD yang terbatas.

“Luar biasa, program-program yang mereka jalankan disana tak terjangkau APBD kita yang sangat terbatas. Seperti pemeliharaan saluran, rehab saluran, pembangunan siring beton dan pintu air, itu sangat memudahkan dalam hal pemeliharaan. Saya himbau masyarakat mendukung sepenuhnya program pembangunan irigasi modern itu,” pungkasnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.